TERIMA KASIH KEPADA PENGUSAHA YANG TELAH MENGIKUTI PROGRAM JAMSOSTEK UNTUK PELINDUNGAN SOSIAL TENAGA KERJA DAN MELAKSANAKAN HUBUNGAN INDUSTRIAL PANCASILAIS -- INDUSTRIAL KUAT..PEREKONOMIAN INDONESIA MAJU -- HIPTA
Subscribe:

Bagaimana HRD Membenahi Perusahaan Keluarga?

Pertanyaan

Bagaimana HRD Membenahi Perusahaan Keluarga?
Saya banyak mendengar dari beberapa HRD mengenai perusahaan yang berangkat dari perusahaan keluarga. Begitu banyak intrik yang akan ditemui pada perusaan semacam itu. Tapi, di sisi lain banyak juga perusahaan semacam itu yang berhasil dan berkembang hingga saat ini.

1. Apa komentar Bapak mengenai hal ini?

2. Apa yang harus dilakukan seorang HRD bila dia ingin membenahi managemen perusahaan semacam ini?

By : Mohammad Ridwantoro


Jawaban

1. Perusahaan keluarga memang mempunyai karakteristik yang cukup unik. Seharusnya suatu perusahaan apa pun dikelola berdasarkan cara profesional dengan menerapkan prinsip-prinsip GCG (good corporate governance) yaitu: transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness.

2. HRD sebaiknya meminta konfirmasi kepada pemilik dan/atau pimpinan perusahaan mengenai visi dan misi perusahaan (akan dibawa dan diarahkan ke mana perusahaan?). Tanyakan kepada mereka apakah setuju bahwa dalam pengelolaan perusahaan mereka setuju dengan kelima prinsip GCG. Bila setuju dan bersedia berkomitmen, selajutnya perlu dilakukan perbaikan/pembenahan praktek-praktek pengelolaan perusahaan yang kurang/belum sesuai dengan GCG (Tata Kelola Perusahaan Yang Baik).

3. Untuk belajar tentang apa dan bagaimana GCG dapat dipelajari dari berbagai literatur dan/atau mencari pelatihan/workshop yang mengajarkan tentang GCG.

Untuk informasi hubungi Hp: 081382756755 (Kusnadi, S.Sos)
Terima kasih atas kunjungan anda

ARTIKEL TERBARU

Daftar isi Blog disini

ARTIKEL POPULER

Simpan file aman di situs internet

Untuk menyimpan file di Ziddu anda tidak harus membayar alias gratis. Tapi untuk bisa menggunakan fasilitas untuk menyimpan file di internet via ziddu anda diharuskan mendaftar dahulu. pendaftarnnya sangat mudah.klik disini untuk daftar ziddu,

wibiya widget